Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan

Info ini saya dapatkan di salah satu forum indonesia. Untuk terjun langsung bisa ke link ini. Di thread tersebut di jelaskan bahwa dengan mengedit tanggal postingan maka permalink artikel tersebut bisa berubah dan akan terjadinya penurunan posisi artikel di SERP. Sebelumnya, permalink adalah link artikel. Sebagai contoh, bisa langsung lihat di bawah ini :

http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html 
Diatas adalah salah satu contoh permalink. Tepatnya permalink untuk artikel yang sedang sobat baca sekarang. Perhatikan tulisan yang berwarna merah, disitu tertulis jelas bahwa itu adalah bulan dan tahun terbitnya artikel. Seperti kasus dalam thread, TS ingin mengubah bulan di artikel yang lama agar blognya terlihat lebih fresh. Namun yang terjadi setelahnnya, adalah penurunan posisi artikel di SERP.

Setelah diubah bulan permalink artikel bisa menjadi
http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/01/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html 

Bagaimana bisa turun?

Singkat saja, bagaimana kalau suatu blog diganti ganti templatenya? Maka sebagian pakar SEO akan menjawab turunnya SEO di mata google. Dalam kata lain, posisi SERP akan turun. Menurut saya, template blog seperti permalink untuk artikel. Jadi, apa yang terjadi jika permalink di ubah ubah? I think you got your own answer!

Efek lain setelah mengubah permalink, adalah errornya link link internal yang telah sobat pasang di artikel lain. Misalnya saja ada artikel B yang menautkan link internal ke artikel A dengan tanggal A1. Kemudian kita mengubah bulan artikel A dengan tanggal A2. Kemudian visitor artikel B ingin melihat link internal yang kita tanamkan yaitu artikel A dengan tanggal A1. Apa yang terjadi ketika link yang diklik tidak cocok padahal hanya karena beda bulan. Link tersebut error dan google tidak melihat itu sebagai internal link namun melihatnya sebagai broken link. Dan tahukah anda? Google tidak suka broken link!


Kesimpulan
Simple saja, jangan pernah merubah tanggal postingan.

Update: Dapat pencerahan dari forum link bersangkutan. Katanya itu hanya bug. Jadi permalink berubah karena waktu disave malah error.

0 komentar:

Post a Comment